Hardiknas Di Tengah Covid 19

Membangun karakter dan jatidiri bangsa berawal dari pendidikan. Dunia pendidikan dewasa ini dianggap sebagai industri padahal dunia pendidikan adalah pondasi dasar membangun masa depan bangsa.

Di Hari Pendidikan Nasional ini, saya berharap semua anak Indonesia menikmati hak atas pendidikan layak dan bermutu, ramah anak, bebas pungutan menjadi generasi cerdas, mandiri, berkarakter dan berakhlak mulia.

Sistem Pendidikan Nasional menjadi lebih baik, menghargai dan meningkatkan kualitas para pendidiknya.

Reformasi Birokrasi di bidang pendidikan masih sangat diperlukan, sehingga dapat terbebas dari korupsi dana pendidikan, memperbaiki dan meningkatkan kualitas para pendidik, kuliatas kurikulum dan materi pendidikan.

Pendekatan pembelajaranpun menjadi lebih baik dengan menitikberatkan mengembangkan karakter dan kreatifitas anak.

Dengan adanya wabah yang melanda saat ini sudah tepat jika kita melepaskan “Mind Set” yg selama ini ada bersama kita dan berfokus pada *”Pendidikan berbasis sekolah.”*

Sejatinya basis pendidikan adalah bukan hanya berada di sekolah
Pendidikan itu harus melibatkan semua kalangan, haruslah berbasis Keluarga, Masyarakat dan Sekolah.

Setiap unsur harus bergotong royong dan bekerja bersama Menciptakan *Pendidikan yang Ramah Anak dan Inklusif.*

Lembaga pendidikan dan sekolah harus menjadi tempat yang menggembirakan dan menyenangkan bagi anak anak. Sekolah bukan hanya tempat memberikan dan manamatkan materi kurikulum namun sekolah menjadi rumah kedua bagi anak yang aman dan menyenangkan. Sekolah mampu bekerjasama dengan Orangtua dan Lingkungan sekitar memberikan yang terbaik dalam memenuhi hak hak anak, terutama hak tumbuh kembang mereka.

Pendidikan yang baik bukan hanya berdasarkan pada nilai dan angka yang diperoleh juga bukan berdasarkan peringkat dalam kelas, karena setiap anak adalah istimewa dan setiap anak terlahir dengan bakat dan kemampuan yang berbeda. Lembaga pendidikan harus mampu mengakomodir dan membantu mengembangkan bakat dan minat mereka.

Di tengah Pandemi yang saat ini berlangsung setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikannya, entah lewat media daring, ataupun kelas kelas pembelajaran secara online yg diselenggarakan oleh sekolah, dan juga dapat dibantu oleh orangtua di Rumah, dengan adanya pandemic dapat lebih mendekatkan keluarga, sehingga orangtua dapat lebih mudah mendidik dan memberikan peran pendidik di rumah dengan tetap menitikberatkan pada pengembangan Karakter anak.
Selama pembelajaran di rumah nikmati setiap prosesnya, lakukan dalam kebahagiaan dan ingat setiap anak berbeda mereka uni dengan bakat dan minatnya masing masing.

Selamat Hari Pendidikan Nasional

Febby Lintang
(Aktivis Perempuan dan Perlindungan Anak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *